Lintang Literasi dan Terapan Kota Magelang Workhshop Membatik Tahun 2024

Diposting pada tanggal 12 September 2024
Lintang Literasi dan Terapan Kota Magelang Workhshop Membatik Tahun 2024
Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2024, Disperpusip Kota Magelang menyelenggarakan Literasi dan Terapan Kota Magelang (LINTANG) dengan tema Workshop Membatik. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal khas Kota Magelang.
Diselenggarakan pada Selasa, 10 September 2024 di Perpustakaan Kota Magelang, acara ini diikuti eksklusif oleh peserta yang semuanya adalah anggota Perpustakaan Kota Magelang.
Kepala Disperpusip, Nurwiyono Slamet Nugroho, S.Pd, M.Pd membuka acara. Beliau berharap, kegiatan ini meningkatkan kemampuan peserta tidak hanya untuk hobi, tetapi juga untuk bisnis. Membatik dengan teknik canthing melalui proses yang panjang sehingga perlu ketlatenan dan kesabaran, tapi hasilnya tentu saja akan bernilai seni dan bernilai jual yang tinggi.
Dipandu pakar batik Magelangan, Popy dan tim dari Sekar Batik, peserta antusias mempraktekan aktivitas membatik. Pengenalan media, alat, teknik, proses, hingga tutorial budidaya batik step by step.
Para peserta sangat antusias, terbukti kegiatan yang memerlukan durasi panjang sekitar 5 jam diikuti sampai tahap terakhir. Bahkan peserta mengaku masih belum puas dan perlu waktu lebih panjang. Dalam derai air hujan yang deras, para peserta membawa pulang hasil praktek membatik. Semoga ilmu dapat diterapkan kembali dan menghasilkan karya.
Salam literasi...
Literasi untuk kesejahteraan..
 
(Mungki)
Versi cetak

Related Keywords

kota magelang, literasi dan terapan, tahun 2024, workhshop membatik, lintang

Artikel Terkait