Disperpusip Kota Magelang Merilis 6 Judul Buku

Diposting pada tanggal 29 Januari 2020
Disperpusip Kota Magelang Merilis 6 Judul Buku

Dalam rangka meningkatkan minat baca dan tulis di Kota Magelang, pada awal tahun 2020 ini, Dinas perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang merilis 6 judul buku, yaitu :
1. Pakuning Tanah Jawa
2. Gali Potensi Kota Magelang 2019
3. Inovasi Pengembangan Perpustakaan di Kota Magelang
4. Lelakon
5. Berliterasi dengan Inovatif dan Kreatif di Era Digital
6. Kumpulan Sinopsis tahun 2019

Buku–buku tersebut merupakan hasil tulisan dari masyarakat yang dihimpun dan diterbitkan oleh Disperpusip Kota Magelang sebagai sumber informasi untuk menambah khasanah pengetahuan mengenai kearifan lokal dan literasi. Penulis buku berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Buku pertama, memuat kumpulan cerita daerah Kota Magelang. Penerbitan buku ini dimaksudkan untuk melestarikan cerita rakyat yang sarat dengan pesan moral. Tiga buku selanjutnya ditulis oleh para pegiat literasi, pustakawan, pengelola perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi yang ada di wilayah Kota Magelang. Dua buku terakhir merupakan kumpulan tulisan karya siswa SMP dan SD. Sebagian buku-buku ini dibagikan kepada perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi di Kota Magelang. Harapannya, semoga buku-buku ini dapat menambah koleksi di perpustakaan dan meningkatkan pengetahuan siswa dan guru.

Kepala Disperpusip Kota Magelang, Isa Ashari, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penerbitan buku-buku ini. Beliau mengungkapkan “Penerbitan buku-buku ini merupakan wujud komitmen bersama semua pihak untuk turut andil dalam menggeliatkan literasi di Kota Magelang.” Merupakan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan miinat baca dan tulis masyarakat. Melalui media ini, semoga dapat memotivasi untuk terus berkarya, imbuhnya.

Selain penerbitan buku yang telah ber-ISBN, Disperpusip juga menerbitkan buletin berjudul “Baca Yuk..!!”. Buletin yang diterbitkan setiap 6 bulan sekali ini menyuguhkan informasi seputar perpustakaan dan literasi. Melalui media ini, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya literasi bagi kehidupan. Saat ini, buletin ini sudah terbit hingga 6 edisi.

Selain bentuk cetak yang dibagikan, dapat juga dinikmati dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui aplikasi perpustakaan digital iMagelangKota.


mungki

Versi cetak

Related Keywords

disperpusip kota magelang merilis 6 judul buku

Artikel Terkait