Lomba Bercerita 2020 Kembali Digelar Oleh DISPERPUSIP Kota Magelang

Diposting pada tanggal 19 Februari 2020
Lomba Bercerita 2020 Kembali Digelar Oleh DISPERPUSIP Kota Magelang

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang kembali menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Kota Magelang tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan rutin tiap tahun dalam rangka meningkatkan minat literasi sejak dini. Lomba diselenggarakan di Gedung Kyai Sepanjang lantai 2 Magelang dengan mengambil tema “Dengan Lomba Bercerita Kita Tanamkan Rasa Cinta pada Budaya Bangsa”.

Sebanyak 70 peserta dari SD/MI se-Kota Magelang bersaing menunjukaan kepiawaiannya dalam membawakan cerita lokal Kota Magelang. Materi cerita yang dibawakan diambil dari buku Pakuning Tanah Jawa yang diterbitkan oleh Disperpusip Kota Magelang akhir tahun 2019.

Lomba berlangsung dalam beberapa tahap, tahap penyisihan tanggal 17-18 Februari 2020 untuk memilih 10 besar. Sedangkan tahap final 19 februari 2020 mengerucut memilih 6 peserta terbaik. Tim juri yang berasal dari unsur penulis, pendidik dan pendongeng memutuskan pemenang :
Juara I Bernike Dian Kristinasih (SD Pantekosta)
Juara II Elisabeth Annabel Cordelia F. (SD Tarakanita)
Juara III najma Mumtaza Audya Putriku (SDN Cacaban 1)
Juara Harapan I Diorita Clarance Alika Putri (SDN Magelang 6)
Juara Harapan II Agnia Talita Pasha (SDN Rejowinangun Selatan 2)
Juara Harapan III Alexa Sharfina Dyaningrum (SDN Magelang 6)

Juara I Lomba Bercerita tingkat Kota Magelang akan dikirim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, Isa Ashari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang selaku penerbit buku Pakuning Tanah Jawa secara simbolis memberikan buku kepada penulis, Wicahyanti Rejeki. Menurut Isa, penerbitan buku ini dimaksudkan untuk mendokumentasikan kisah-kisah kearifan lokal Kota Magelang yang sarat mengandung amanat, pendidikan karakter, sosial budaya, sejarah dan geografi. Semoga dengan penerbitan buku dan lomba ini dapat meningkatkan budaya literasi masyarakat Kota Magelang.
(mungki)

Versi cetak

Related Keywords

lomba bercerita 2020 kembali digelar oleh disperpusip kota magelang

Artikel Terkait