Lomba Sinopsis Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Di Kota Magelang

Diposting pada tanggal 23 November 2018
Lomba Sinopsis Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Di Kota Magelang

Gedung Kyai Sepanjang, Magelang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang mengadakan kegiatan Lomba Sinopsis bagi Siswa SD/MI Tingkat Kota Magelang dengan tema “Dengan Semangat Hari Pahlawan Kita Tingkatkan Minat Baca Siswa Menuju Generasi yang Cerdas dan Berprestasi “ yang diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari siswa kelas 4, 5 dan 6 SD/MI Se Kota Magelang, Rabu sd Kamis (21 sd 23 November 2018. Adapun juri Lomba Sinopsis yaitu Bpk. Papa Riyadi,S.Pd,M.Pd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Ibu. Annisa Andrie dan Ibu Wicakyanti Rejeki yang keduanya merupakan penulis Magelang.

Lomba Sinopsis merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca dan menulis di kalangan siswa Sekolah Dasar di Kota Magelang. Siswa Sekolah Dasar diharapkan tidak hanya memahami buku yang telah dibaca akan tetapi dapat menuliskan kembali secara ringkas cerita yang sudah dibacanya,kemudian menyampaikan kepada orang lain apa yang telah dibacanya , tutur Triyamto Sutrisno,S.STP,MM selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang dalam sambutannya pada pembukaan Lomba Sinopsis.

Adapun pemenang Lomba Sinopsis Tahun 2018 adalah Juara I Qoeeneta Cantiak Herza (SD Negeri Rejowinangun Selatan 2), Juara II Helga Kirana Arista (SD Negeri Magelang 6),Juara III Agiva Enda Hartanto (SD Negeri Magelang 7), Juara Harapan I Rahma Sani Khairunnisa (SD Muhammadiyah I Alternatif), Juara Harapan II Ajeng Irmasafa Indurasmi (SD Negeri Gelangan 5) dan Juara Harapan III Fryda Kurnia Pratama (SD Negeri Rejowinangun Selatan 4). Pemenang mendapatkan Sertifikat dari Walikota Magelang, Trophy dan Uang pembinaan.

Dengan adanya kegiatan Lomba Sinopsis dapat memberikan nilai posistif kepada masyarakat terutama pelajar, serta dapat lebih mengoptimalkan peran perpustakaan Kota Magelang sebagai penggerak utama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat arti pentingnya membaca.

(Heny Hidayati,S.TP – Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang)

Versi cetak

Related Keywords

lomba sinopsis meningkatkan minat baca siswa sd di kota magelang

Artikel Terkait