Seminar Dan Pengukuhan Pengurus Daerah IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Magelang

Diposting pada tanggal 28 November 2018
Seminar Dan Pengukuhan Pengurus Daerah IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Magelang

Gedung Kyai Sepanjang, Magelang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang menyelenggarakan Seminar “ Tantangan Pustakawan dalam Menghadapi Era 3.0” Sekaligus Pengukuhan Pengurus Daerah IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Magelang Periode 2018 – 2021, Selasa (27/11/2018). Seminar dihadiri oleh 61 peserta yang terdiri dari pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, pustakawan dan pengelola perpustakaan baik dari Perpustakaan Sekolah, Perguruan tinggi, Kelurahan, dan Perpustakaan khusus. Seperti yang disampaikan oleh ketua penyelenggara dalam laporannya, Ir Cahyaning Dwi Ratri bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pustakawan Indonesia,mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi, mengabdikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian pustakawan untuk bangsa dan negara, serta untuk memajukan dan memberikan perlindungan kepada anggota IPI.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang mengatakan dalam sambutannya, Pustakawan harus memenuhi kualifikasi sesuai dengan standar Nasional Perpustakaan, pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan atau pelatihan kepustakawanan, serta mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan, sehingga tenaga fungsional pustakawan dituntut selalu meningkatkan kualitas kinerja dan menjaga profesionalisme.

Profesi pustakawan sekarang ini di tuntut untuk lebih kreatif dan mampu menghadapi era teknologi digital yang berkembang semakin pesat. “ Di era globalisasi sekarang tuntutan informasi harus lebih cepat sehingga dalam memberikan pelayanan pustakawan pun harus lebih inovatif karena peran manusia diambil alih oleh mesin “ papar Drs. Aan Permana,MM yang merupakan Ketua IPI Jawa Tengah dalam penyampaian materinya. Pustakawan harus ahli dalam bidang informasi juga ahli dalam bidang teknologinya, adapun teknologi informasi yang dikuasai pustakawan diantaranya : aplikasi perpustakaan, programming, web masters serta teknisi computer.

Itmamudin,SS,M.IP, pustakawan IAIN Kota Salatiga sekaligus Ketua IPI Kota Salatiga juga memberikan motivasi kepada Pengurus IPI kota Magelang dengan mengatakan bahwa tugas Ikatan Pustakawan Indonesia yaitu mengenalkan dunia kepustakawanan kepada masyarakat, meningkatkan kompetensi para pustakawan, meningkatkan kesejahteraan pustakawanan dan pengembangan perpustakaan dalam wilayah sekitar.

Pengukuhan IPI Kota Magelang Periode 2018 - 2021 dilakukan langsung oleh Ketua IPI Propinsi Jawa Tengah, Drs Aan Permana ,MM dengan ketua Jamzanah Wahyu Widayati,S.IPust, M.A. yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang dan jumlah pengurusnya sebanyak 34 orang pustakawan dan pengelola perpustakaan di Kota Magelang. Melalui IPI Kota Magelang diharapkan dapat mengadakan kegiatan – kegiatan seperti pelatihan dan seminar untuk dapat meningkatkan kapasitas pustakawan sehingga meningkatkan kinerjanya. IPI Kota Magelang merupakan wadah Pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk memberikan aspirasi dan meningkatkan wawasannya sehingga perpustakaan di Kota Magelang menjadi lebih maju.

(Heny Hidayati,S.TP – Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang)

Versi cetak

Related Keywords

seminar dan pengukuhan pengurus daerah ipi (ikatan pustakawan indonesia) kota magelang

Artikel Terkait