EKSPOSE PENGELOLAAN KEARSIPAN

Diposting pada tanggal 22 Juni 2023
EKSPOSE PENGELOLAAN KEARSIPAN

EKSPOSE PENGELOLAAN KEARSIPAN
Melanjutkan agenda Reformasi Birokrasi di Kota Magelang khususnya reformasi bidang kearsipan, maka pada tanggal 19 Juni 2023 diselenggarakan Ekspose Pengelolaan Kearsipan Kota Magelang Tahun 2023. dalam kegiatan ekspose tersebut disampaikan tentang Hasil Pengawasan Kearsipan Kota Magelang Tahun 2022; hasil Pengawasan Internal Pengelolaan Kearsipan OPD se Kota Magelang; serta Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan aplikasi SRIKANDI.
Hasil Pengawasan Kearsipan Kota Magelang Tahun 2022 mencapai predikat BB (sangat baik) dan menduduki peringkat 53 kab/ kota se Indonesia. Capaian tersebut tentu saja perlu untuk dipertahankan bahkan harus ditingkatkan. Dalam rangka peningkatan capaian tersebut, maka tahun 2023 BIdang Penyelenggaraan Kearsipan DISPERPUSIP telah melaksanakan Pengawasan Internal Pengelolaan Kearsipan sepanjang bulan Mei yang lalu. Tujuan dari Pengawasan ini adalah untuk mendorong pencipta arsip di perangkat daerah pada Pemerintah Kota Magelang mampu menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dengan mengacu pada peraturan perundangan-undangan kearsipan yang berlaku dalam mencapai tujuan penyelenggaraan kearsipan nasional. Hasil pengawasan sementara menunjukkan peningkatan predikat yang sangat signifikan. Dari 4 OPD berkategori B (Baik) dan 22 OPD berkategori CC (cukup) di hasil pengawasan tahun 2022, menjadi 6 OPD berkategori BB (Sangat Baik), 15 OPD berkategori B (Baik) dan 5 OPD berkategori CC (Cukup). hasil pengawasan tahun 2023 masih mungkin bertambah nilainya mengingat OPD masih diberikan kesempatan untuk memenuhi hal-hal yang dipersyaratkan hingga akhir Juni 2023.
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan SRIKANDI ditemukan masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanannya.
Paparan ditutup dengan rencana tindak lanjut yang perlu dilakukan baik oleh DISPERPUSIP sebagai OPD pengampu Lembaga Kearsipan Daerah dan pembina pengelolaan kearsipan kota, maupun oleh semua OPD. Kedepan peningkatan ketrampilan SDM pengelola kearsipan dan penyediaan sarana prasarana yang memadai harus diupayakan secara optimal dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan.
Salam Arsip......

https://www.instagram.com/p/CtxirZivgnX/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Versi cetak

Related Keywords

ekspose pengelolaan kearsipan

Artikel Terkait