Bimbingan Literasi Siswa Berkebutuhan Khusus SLBN Kota Magelang

Diposting pada tanggal 11 September 2023
Bimbingan Literasi Siswa Berkebutuhan Khusus SLBN Kota Magelang
Enam siswa asyik membaca buku dan berdiskusi. Meski terlihat seru, tapi hening tidak ada suara. Hanya gerakan tangan, gerak tubuh dan ekspresi wajah mereka yang menunjukkan mereka sedang mengobrol. Yah, mereka adalah siswa berkebutuhan khusus dari SLBN Kota Magelang.
 
Kamis, 8 September siswa siswi ini mengikuti bimbingan literasi. Dibawah bimbingan Bapak Arif Rifai, guru SLB mereka belajar berliterasi dengan memanfaatkan fasilitas di Perpustakaan Umum Kota Magelang.
 
Para siswa ini memiliki kekurangan dalam pendengaran dan bertutur. Namun dalam belajar secara visual sama dengan pemustaka pada umumnya. Bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan pustakawan, Mungki Mulianti, SIP. Mereka membaca gerak bibir lawan bicara dan disertai dengan tulisan untuk menyebutkan nama.
 
Kegiatan siswa siswi kelas 3 SMP hari ini adalah memilih buka yang disukai, membaca dan membuat kesimpulan isi buku dalam beberapa kalimat. Terlihat dalam buku catatan yang dibawa, masing-masing sudah menuliskan intisari beberapa buku.
 
Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. Adik-adik ini tidak hanya belajar literasi, tetapi juga mandiri, sosialisasi dan komunikasi. Salah satu siswi terlihat sempat bercanda dengan pengunjung wisata literasi dari SD lain.
 
Terimakasih ya adik-adik. Semoga banyak manfaat dan pengalaman dengan bimbingan literasi ini. Silakan berkunjung kembali ke Perpustakaan Umum Kota Magelang di lain waktu ?
(Mungki)
Versi cetak

Related Keywords

bimbingan literasi siswa berkebutuhan khusus slbn kota magelang

Artikel Terkait