Talkshow Membangun Budaya Literasi Pada Generasi Z dan Generasi Alpha Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Diposting pada tanggal 15 September 2023
Talkshow Membangun Budaya Literasi Pada Generasi Z dan Generasi Alpha Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Hari ke-2
Pekan Kunjung Perpustakaan 2023
Talkshow bersama Ismail Basbeth

Acara puncak pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September, Disperpusip Kota Magelang menyelenggarakan Talkshow “Membangun Budaya Literasi pada Generasi Z dan Generasi Alpha” pada Selasa, 12 September 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman Perpustakaan Umum Kota Magelang.ini mengundang empat narasumber , yaitu ;
1. dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD-KGH, FINASIM, Walikota Magelang
2. Imam Musaechoni, Anggota DPRD
3. Dr. Adin Bondar, S.Sos, M.Si, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI
4. Ismail Basbeth, penulis dan sutradara Keluarga Cemara 2.

Acara dihadiri oleh 150 peserta terdiri dari kepala sekolah, pelajar, pengelola perpustakaan, organisasi wanita, pegiat literasi, OPD terkait dan lainnya. Disperpusip menyelenggarakan talkshow ini dalam upaya untuk meningkatkan budaya baca generasi Z dan alpha agar memiliki skill yang baik, krestif, inovatif dan mampu bersaing di lintas global, ungkap Kepala Disperpusip Nurwiyono, S.Pd, M.Pd saat menyampaikan laporan kegiatan.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi telah mendatangkan sosok Ismail Basbeth, yang meski berasal dari daerah tapi berhasil menunjukkan potensinya hingga tingkat nasional melalui literasi. "Raihlah mimpi dengan belajar dan banyak membaca" pesan beliau saat mengakhiri sambutannya.

Sedangkan Imam menyampaikan bahwa DPRD telah mendukung penuh literasi di Kota Magelang berupa kebijakan dan penganggaran.

Adin mengungkapkan pentingnya pembekalan literasi sejak pra nikah sehingga pengetahuan telah tertanam dalam keluarga.

Berdasar penuturan Ismail Basbeth, generasi Z dan alpha harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan agar bisa berpikir kritis dan kreatif. Ilmu akan membantu mengatasi permasalahan dalam hidup.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada 5 anggota perpustakaan teraktif tahun 2023. Pemberian apresiasi ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih aktif memanfaatkan layanan Perpustakaan Umum Kota Magelang.

Selain Talkshow ini sebagai acara puncak "Pekan Kunjung Perpustakaan 2023", dalam sepekan ini, dari tanggal 11 s.d 15 September 2023 digelar Bazar Buku di halaman Perpustakaan Umum Kota Magelang hasil sinergi dengan outoftheboox.id. Selain itu setiap hari juga diselenggarakan berbagai kegiatan literasi yaitu : lomba mewarnai, workshop menggambar, pelatihan konten kreator dan workshop kepenulisan KKPK.

Yuk, jangan ketinggalan ikut semarakkan Hari Kunjung Perpustakaan 2023 di Perpustakaan Umum Kota Magelang ?

(mungki)

Versi cetak

Related Keywords

talkshow membangun budaya literasi pada generasi z dan generasi alpha hari kunjung perpustakaan 2023

Artikel Terkait