Orientasi SPP TIK Program TPBIS

Diposting pada tanggal 21 November 2023
Orientasi SPP TIK Program TPBIS
Upaya peningkatan kapasitas pustakawan dalam mengimplementasikan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) terus digalakkan. Salah satu upayanya adalah Disperpusip Kota Magelang menyelenggarakan Orientasi Strategi Pengembangan Perpustakaan - Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK). Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Puri Asri selama 3 hari, sejak tanggal 14 hingga 16 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh pengelola perpustakaan kecamatan dan kelurahan se - Kota Magelang.
Acara yang dibuka oleh Kepala Disperpusip, Nurwiyono Slamet N., S.Pd, M.Pd ini diawali dengan penyerahan thropy kepada pemenang Lomba Input Data SiJeLiTa dan Lomba Perpustakaan SD/MI tingkat Kota Magelang tahun 2023.
Orientasi SPP-TIK menghadirkan dua Master Trainer Nasional yaitu Choirul Mizan dari Disarpus Kab. Jepara dan Sugiri dari Dinasarpus Kab. Pati.
Materi yang diberikan terdiri dari strategi pengembangan perpustakaan, teknologi informasi dan komunikasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan pertemuan tatap muka yang menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa dengan menekankan pentingnya pelibatan dan partisipasi aktif peserta.
Master Trainer bersama para pustakawan Disperpusip Kota Magelang memandu sesi dengan variasi metode seperti presentasi, diskusi, pemutaran film, dan permainan yang disesuaikan dengan topik dan tujuan dari setiap sesi.
Tujuan orientasi ini adalah:
1. Meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi melalui transformasi perpustakaan untuk pembangunan manusia
2. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang konsep dan strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yaitu peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi
3. Memfasilitasi penyusunan rencana kerja kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.
Semoga orientasi ini dapat meningkatkan kualitas diri dan komitmen pengelola perpustakaan kelurahan dan kecamatan se Kota Magelang, sebagai transformer perpustakaan yang mampu turut serta memberikan andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Salam literasi...
Literasi untuk kesejahteraan..
 
(Mungki)
Versi cetak

Related Keywords

program tpbis, spp tik, orientasi

Artikel Terkait