Focus Group Discussion Kearsipan Kota Magelang

Diposting pada tanggal 1 Maret 2024
Focus Group Discussion Kearsipan Kota Magelang
Disperpusip Kota Magelang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan RKPD Kota Magelang 2025 pada Selasa, 27 Februari 2024. FGD yang diselenggarakan di RM Palem Raja ini mengusung tema Pemantapan untuk Maju, Sehat dan Bahagia. Forum ini secara khusus mendiskusikan pengelolaan kearsipan Pemerintah Kota Magelang.
FGD dihadiri oleh 40 perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Magelang . Diselenggarakan dengan metode yang berbeda. Dengan konsep serius tapi santai, para peserta diajak untuk berinteraksi secara aktif dalam serunya dinamika kelompok diampu langsung oleh Kepala Disperpusip, Nurwiyono Slamet Nugroho, S.Pd, M.Pd. Konsep ini dilakukan agar peserta fokus dalam mengidentifikasi masalah dan solusinya. Hasil diskusi yang terangkum di akhir acara diantaranya SDM yang masih dirasa kurang dari sisi kualitas dan kuantitas, sarana prasarana yang masih sangat terbatas, kurangnya komitmen produsen arsip dan terbatasnya anggaran untuk pengelolaan arsip yang memadai.
Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa Nilai Pengawasan Kearsipan Kota Magelang meningkat dari 70,03 di tahun 2022 menjadi 84,27 di tahun 2023, dari peringkat 51 kab/ kota se Indonesia di tahun 2022 menjadi peringkat 30 di tahun 2023. Hal ini tentu saja merupakan hasil yang sangat membanggakan. Nilai tersebut tentu saja hasil kerja keras Disperpusip Kota Magelang didukung karya para pengelola arsip di OPD. Empat OPD terbaik pengawasan arsip adalah BKPSDM, Dinas Capil, Diskominsta dan DPMPTSP.
Sekretaris Disperpusip Kota Magelang, Veronica Kartika Indrawati, S.Sos, MA, M.Dev sebelum menutup acara berpesan agar semua OPD selalu melakukan tata kelola arsip dengan baik, karena arsip merupakan hal yang sangat penting sebagai sumber informasi sejarah bangsa, bukti akuntabilitas kinerja dan sebagai dasar perumusan kebijakan.
FGD yang dilaksanakan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengelolaan arsip Pemerintah Kota Magelang.
Salam Arsip !!!
 
(Mungki)
Versi cetak

Related Keywords

kearsipan, kota magelang, focus group discussion

Artikel Terkait