Disperpusip Kota Magelang Gunakan Aplikasi SiJeLiTa untuk Mempermudah Pendataan

12 Mei 2023

Pembinaan dan pendataan perpustakaan berbasis wilayah sangat perlu dilakukan agar semua perpustakaan yang ada di wilayah Kota Magelang terdata. Data perpustakaan yang valid sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan. Data perpustakaan binaan tidak hanya digunakan untuk tingkat kota, tetapi juga hingga provinsi bahkan nasional.

Hal ini sejalan dengan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang no. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, bahwa pembentukan perpustakaan yang berada di wilayah NKRI memberitahukan keberadaannya kepada Perpusnas sebagai perpustakaan pembina.

Guna mengetahui kondisi semua jenis perpustakaan binaan yang ada di wilayah Kota Magelang, Disperpusip meluncurkan aplikasi pendataan SiJeLiTa (Sistem Jejaring Library dan Data). Aplikasi ini diluncurkan sejak tahun 2021 dan memuat informasi berupa profil dan aspek-aspek yang dimiliki perpustakaan binaan, yaitu Perpustakaan PAUD,TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi, Kelurahan, Kecamatan,OPD, Tempat Ibadah, Pojok Baca dan TBM. Dengan adanya data dan informasi yang akurat dan terupdate diharapkan memudahkan administrasi, evaluasi, penyusunan program dan perumusan kebijakan.

Perpustakaan binaan yang ada di Kota Magelang, melalui admin yang ditunjuk dapat memasukkan data masing-masing ke dalam aplikasi SiJeLiTa. Aplikasi ini dapat diakses melalui link http://disperpusip.magelangkota.go.id/jelita dan login dengan username dan password sesuai yang terdaftar di Disperpusip Kota Magelang. Pengisian data dalam aplikasi SiJeLita meliputi profil perpustakaan, visi, misi, demografi, lahan & bangunan, koleksi, tenaga, anggota, sarana prasarana, sistem pengolahan, fasilitas, pelayanan, pengunjung, anggaran, promosi, kerjasama, akreditasi dan galeri foto. Data dalam SiJeLiTa ini dapat diperbarui setiap saat.

Dengan adanya SiJeLiTa diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan pengumpulan data yang disebabkan oleh kehilangan data maupun pergantian pengelola perpustakaan. Data yang terbaru dan akurat sangat mendukung dalam penghitungan IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat) di Kota Magelang. Pada rekapitulasi UPLM per Kab/Kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 yang dilakukan oleh Perpusnas RI, diperoleh hasil pencapaian IPLM tertinggi adalah Kota Magelang dengan hasil 99,54. Tentu saja capaian ini didukung oleh tersedianya data yang valid dan akurat.

Mengingat betapa pentingnya data perpustakaan, dihimbau kepada seluruh perpustakaan binaan Disperpusip Kota Magelang untuk aktif memperbarui data dalam SiJeLiTa. Perpustakaan maupun TBM yang ada di wilayah Kota Magelang yang belum terdaftar dalam SiJeLiTa bisa mendaftarkan diri dan konsultasi ke Disperpusip Kota Magelang yang beralamat di Jalan kartini no.4 Magelang.
Yuk, peduli data untuk masa depan bangsa!

(mungki)


Sumber : Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Magelang http://disperpusip.magelangkota.go.id
Selengkapnya : http://disperpusip.magelangkota.go.id/artikel/624/Disperpusip-Kota-Magelang-Gunakan-Aplikasi-SiJeLiTa-untuk-Mempermudah-Pendataan.html