Perpustakaan Digital iMagelangKota Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Magelang

Diposting pada tanggal 23 Maret 2018
Perpustakaan Digital iMagelangKota Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Magelang

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pengertian perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Pengertian perpustakaan (Sulistyo-Basuki,1991:3) adalah ruangan, ataupun bagian sebuah gedung atau gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi menjadi tantangan perpustakaan yang masih konvensional (Perpustakaan yang berbahan kertas dan tinta) menjadi perpustakaan digital dengan menyediakan informasi dengan cepat, tepat dan akurat.

Dampak dari perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh kepada pola dan perilaku masyarakat pada saat ini, salah satunya mencari informasi dari dunia maya daripada membaca buku/majalah/tabloid, maka dari itu Perpustakaan Umum Kota Magelang melakukan inovasi menuju perpustakaan digital dengan pengadaan e book yang berupa aplikasi berbasis android yaitu pemustaka bisa membaca buku tanpa harus datang ke Perpustakaan, nama aplikasi adalah iMagelangKota.

Menurut Ismail Fahmi (dalam Testiani Makmur) defenisi perpustakaan digital sebagai sistem yang terdiri dari perangkat hardware dan software, koleksi elektronik, staf pengelola, pengguna, organisasi, mekanisme kerja, serta layanan dengan memanfaatkan berbagai jenis teknologi. e Pustaka adalah fitur digital di dalam iMagelangKota yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Magelang untuk menjadi anggota perpustakaan digital, men-download e-book dan membaca buku sesuai dengan keinginan kapan pun dan dimanapun.

iMagelangKota secara pengadaan sudah terpasang di play store dan dapat diakses mulai tanggal 15 Desember 2017. Rencana sosialisasi oleh PT. Woolu Aksara Maya akan diadakan pada Tahun 2018 sekaligus peresmiannya menyesuaikan jadwal dari Walikota Magelang.
Melalui iMagelangKota pemustaka dapat mendaftar menjadi anggota digital dan bisa meminjam buku yang diinginkan dengan batas waktu peminjaman. Tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah :

  • Perubahan perilaku membaca dari media konvensional ke digital
  • Memberikan alternatif media berjejaring di dunia digital berbasis konten
  • Mendukung pelestarian lingkungan lewat buku digital
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengetahuan yang mudah diakses kapanpun dimanapun tanpa batas ruang dan waktu.

Diharapkan dengan adanya iMagelangKota dapat mengembangkan minat dan budaya baca dari masyarakat Kota Magelang yang tidak memiliki kesempatan untuk datang ke perpustakaan agar memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Selain itu dengan iMagelangKota dapat mendukung prestasi Kota Magelang sebagai Smart City.

Semua harapan itu bisa tercapai apabila tumbuh kesadaran dari masyarakat Kota Magelang untuk gemar mengakses informasi yang tepat, akurat dan bukan hoax. iMagelangKota memiliki konten lokal sehingga memberikan peluang bagi masyarakat Kota Magelang yang memiliki karya atau penulisan yang layak untuk ditampilkan dalam iMagelangKota dengan melalui proses seleksi dan sebagainya. Koleksi buku digital yang tersedia sebanyak 2.110 dapat dinikmati masyarakat Kota Magelang secara gratis selama 24 jam. Selain masyarakat Kota Magelang iMagelangKota juga dapat dinikmati masyarakat umum lainnya, baik lingkup Nasional maupun internasional dengan mendownload aplikasi iMagelangKota dari play store.

Versi cetak

Related Keywords

perpustakaan digital imagelangkota dinas perpustakaan dan kearsipan kota magelang

Artikel Terkait